Kepemimpinan StrategikMampu Tingkatkan Kinerja Organisasi

Fri,07 September 2012 | 22:47
Kepemimpinan StrategikMampu Tingkatkan Kinerja Organisasi
MAKASSAR, FAJAR -- Ketua Program Studi Manajemen Ekonomi Publik STIA LAN Makassar, Najmi Kamariah mendapat gelar doktornya di Universitas Hasanuddin pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dengan judul Pengaruh Knowledge Management dan Kepemimpinan Strategik Terhadap Kapabilitas Dinamik, Strategi Kewirausahaan dan Kinerja Organisasi di Rumah Sakit Umum Pemerintah Kota Makassar, 5 September.

Sidang promosi doktor yang di gelar di Ruang Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin mengantarkan Najmi sebagai salah satu doktor dengan predikat nilai yang sangat memuaskan. Studi yang ditelitinya berkaitan dengan strategi kepemimpinan dalam keberhasilan mengimplementasikan strategi.

Menurutnya kepemimpinan strategik ternyata juga tidak secara langsung mampu meningkatkan kinerja organisasi. Terbukti dalam penelitian, pelaksanaan strategi kewirausahaan memediasi dengan sempurna ketertarikan kepemimpinan strategik dengan kinerja organisasi.

"Sebuah keberhasilan implementasi strategi kewirausahaan untuk meningkatkan kinerja organisasi ditentukan oleh adanya kepemimpinan strategik. Ini sangat penting dalam hal pemimpin sebuah perusahaan," kata Najmi yang juga berprofesi sebagai dosen.

Tampak hadir ketua program studi S3 Ilmu Ekonomi, Prof Dr H Djabir Hamzah, Prof Dr H M S Idrus selaku promotor, dan Prof Dr H Muh Asdar, Dr Indrianty Sudirman sebagai kopromotor hingga civitas akademik.

Najmi yang juga lulusan program pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya menambahkan dalam penelitiannya diharapkan para eksekutif rumah sakit dapat menjadikan rumah sakit sebagai sebuah learning organization, dimana proses pembelajaran dan inovasi terjadi secara berkesinambungan.

"Ya dengan adanya  aktivitas-aktivitas sederhana seperti program magang, seminar, hingga menyusun lesson learned dapat menjadi bahan pengetahuan bagi semua pegawai," tuturnya saat menyampakaikan orasi ilmiahnya di depan tim penguji. (m06)

Berita Terkait